Keren! Ini 13 Wisata Curug Banten yang Terkenal Instagramable!

24/02/2021 0
Wisata-Curug-Banten-1200px-x-675px.jpg

Wisata curug Banten menawarkan pesona alam yang mengagumkan dan masih alami. Karena itu, tidak heran apabila banyak orang yang tertarik untuk mengabadikan momen liburan ke curug-curug di Banten. Nah, bagi Anda yang suka berpetualang ke berbagai wisata air terjun di Indonesia, berikut ini 13 curug di Banten yang pemandangan alamnya instagramable!  

Baca juga: Indah, 10 Gunung di Banten Ini Cocok untuk Pendaki

Wisata Curug Cipamiceunan


Saking indahnya, banyak orang menyebut panorama di curug ini bak negeri di atas awan. Lokasi Cipamiceunan masuk wilayah Desa Citorek atau tepatnya di Kampung Ciusul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten. Air sungai yang mengalir di sekitar curug juga sangat jernih, membuat pemandangan alam Cipamiceunan semakin instagramable untuk dibagikan di media sosial. 

Wisata Curug Banten Caladi

Terletak di tengah hutan, kondisi curug ini sangat sejuk dan natural. Anda bisa menemukan Curug Caladi di Desa Ramea, Kampung Cicengal, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten. Anda bisa langsung mengakses air terjun ini jika naik motor. Namun jika mengendarai mobil, Anda harus memarkirkan kendaraan di perkampungan warga. Kemudian, jalan kaki sejauh 1 km untuk sampai ke lokasi curug.  

Wisata Curug Ciajeng


Wisata curug Banten yang satu ini berada di Desa Cinoyong, Carita, Pandeglang. Meski trek untuk sampai ke lokasi air terjun terbilang sulit, semua perjuangan Anda akan terbayar dengan keindahan Ciajeng yang menakjubkan. Tiket masuknya hanya Rp10.000 dan pengunjung harus berjalan kaki kurang-lebih 1 jam dari lokasi parkir kendaraan untuk sampai di curug. 

Wisata Curug Cikotak


Berlokasi di Kampung Cibojong, Kecamatan Padarincang, Serang, Banten, curug ini memiliki suasana alam yang sejuk dan asri. Selain itu, bagi Anda yang membawa anak kecil, curug ini tergolong aman karena kedalaman kolam di bawahnya terbilang dangkal. Tiket masuknya berkisar Rp10.000 per orang. 

Wisata Curug Leuwi Bulus

Curug ini berlokasi di Kampung Cicengal, Desa Ramea, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten. Karena ketinggian air terjunnya tidak ekstrem, curug ini bisa menjadi spot yang asyik untuk berenang lho. 

Wisata Curug Putri Tahura


Nama lain dari air terjun ini adalah Curug Putri Pandeglang. Namun, destinasi alam ini juga populer dengan julukan Little Grand Canyon. Pengunjung harus menyusuri aliran sungai yang diapit tebing batu untuk bisa sampai ke lokasi curug. Curug Putri Tahura berada di dalam kawasan Taman Hutan Rakyat Sukarame, Carita, Pandeglang-Banten. 

Wisata Curug Leuwi Tomo 


Curug Leuwi Tomo terletak di Desa Ramea atau tepatnya di Kampung Cikupa Pamatang Kandis, Mandalawangi, Pandeglang-Banten. Untuk menjangkau lokasi curug, pengunjung hanya perlu berjalan kaki sekitar 30 menit dari area parkir, dengan trek yang tergolong mudah. Untuk tiket masuk, Anda harus membayar sekitar Rp10.000 dengan tambahan ongkos parkir Rp5.000 untuk motor atau Rp10.000 bagi mobil.

Wisata Curug Kembar


Seperti namanya, curug ini memiliki dua titik aliran air. Lokasinya masuk wilayah Cagar Alam Gunung Tukung Gede, atau tepatnya di Desa Cikolelet, Serang-Banten. Selain bermain air, pengunjung juga menikmati pemandangan dari atas menara pemantauan burung Rangkong yang ada di dekat air terjun. 

Wisata Curug Leuwi Bumi


Warga sekitar menyebut curug ini dengan nama Turalak Leuwi Bumi. Karena seperti namanya, lokasi air terjun ini memang berada di Kampung Turalak, Desa Ramea, Pandeglang-Banten. Fasilitas di sekitar curug juga terbilang lengkap, seperti tempat sewa ban, paket outbound, dan warung makan.  

Wisata Curug Betung


Berada di Desa Kubang Baros, Kecamatan Cinangka, Serang-Banten, curug ini berada di tengah hutan yang rindang. Untuk sampai ke curug, Anda harus berjalan sekitar 1 km dari lokasi perkampungan terdekat. Meski begitu, trek menuju curug terbilang rindang dan sejuk, sehingga dapat sedikit mengurangi rasa lelah Anda. 

Wisata Curug Cigumawang


Berlokasi di Desa Padarincang, Serang-Banten, wisata curug ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Menariknya, curug ini ternyata juga memiliki banyak mitos. Konon, pasangan yang datang ke Cigumawang akan memiliki hubungan yang langgeng. Pun, ada yang percaya bahwa air curug ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Wisata Curug Ciporolak


Masih sangat alami, lokasi air terjun ini tersembunyi di tengah hutan. Lokasinya berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kecamatan Cibeber, Lebak-Banten. Anda pun harus berjalan kaki sekitar 1,5 km dari perkampungan warga untuk sampai ke curug ini. Meski medannya terbilang sulit, gemuruh air terjun setinggi 50 meter ini bakal menghempaskan rasa lelah Anda dan segera menggantikannya dengan kesejukan. 

Wisata Curug Cihear


Curug Cihear sempat trending di media sosial karena panorama alamnya yang begitu mengagumkan. Anda pun bisa menjumpai wisata alam yang instagramable ini di Kampung Cigobang, Desa Ciladaeun, Lebak-Banten. Sayangnya, kondisi trek yang sulit dan curam membuat tidak semua orang bisa mengunjungi curug ini. 

Itulah deretan wisata curug Banten yang memiliki pemandangan instagenic. Anda suka yang mana? 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *