Indah, 10 Gunung di Banten Ini Cocok untuk Pendaki

01/02/2021 0
Indah-10-Gunung-di-Banten-Ini-Cocok-untuk-Pendaki.png

Pesona Gunung di Banten memang tidak sepopuler pantai di kawasan tersebut, tapi soal keindahan, jangan ragu. Banten juga memiliki bentang alam pegunungan rupawan yang sayang sekali jika kita lewatkan. Nah, sebagai referensi, berikut ulasan tentang 10 gunung indah yang harus didaki ketika berkunjung ke Banten.

Baca juga: Keren! Ini 13 Wisata Curug Banten yang Terkenal Instagramable!

1. Gunung Anak Krakatau


Dengan tinggi sekitar 813 meter dari permukaan laut, Gunung Anak Krakatau menawarkan pemandangan laut Selat Sunda yang menawan. Secara geografis tempat ini masuk ke wilayah Lampung, tetapi aksesnya bisa dicapai dari Pelabuhan Merak menggunakan Kapal Ferry penumpang.

Gunung Anak Krakatau juga dikelilingi oleh beberapa pulau, yaitu Pulau Sebuku, Sebesi, Umang-Umang, dan Cabe. Apabila tertarik berkunjung ke sini, sebaiknya Anda mengambil paket wisata dari jasa travel yang biasanya dibanderol dari Rp500.000 per orang per paket.

Lokasi : Selat Sunda
Tiket Masuk : –

2. Gunung Luhur

Tinggi Gunung Luhur sekitar 1.920 meter di atas permukaan laut dan berada sekitar 80 km dari Ibu Kota Jakarta. Akses ke Gunung Luhur sendiri cukup mudah. Pengunjung bisa menggunakan mobil sampai ke puncak. Daya tarik utama Gunung Luhur adalah samudra awan. 

Pemandangan tersebut bisa dinikmati sekitar jam 05.00 sampai 07.00 pagi. Jadi jika ingin menikmatinya, sangat disarankan untuk bermalam di puncak. Anda bisa menyewa lahan untuk mendirikan tenda dengan biaya Rp30.000. Apabila tidak membawa, jangan khawatir. Pengelola juga menyewakan tenda mulai dari Rp100.000.

Lokasi : Desa Citorek Kidul, Cibeber, Banten
Tiket Masuk : Rp5.000

Baca juga: Yuk, Menengok Indahnya Negeri di Atas Awan, Lebak Banten

3. Gunung Halimun


Dengan tinggi mencapai 1.925 meter dari permukaan laut, Gunung Halimun merupakan gunung tertinggi di Banten. Akses ke puncaknya pun tidak mudah, dibutuhkan sekitar 8 jam pulang-pergi untuk menyusuri gunung yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) tersebut.

Secara geografis, Gunung Halimun berada di tiga kabupaten, yaitu Sukabumi, Bogor, dan Lebak. Karena medannya tidak mudah, untuk mendaki gunung cantik ini harus ada izin dari pengelola TNGHS. Anda juga membutuhkan perlengkapan mendaki memadai dan wajib didampingi oleh orang berpengalaman.

Lokasi : Kabupaten Lebak, Banten
Tiket Masuk : Rp5.000 (untuk WNI), Rp150.000 (WNA)

4. Gunung Kencana

Gunung Kencana memiliki dua akses masuk, yaitu dari Kabupaten Lebak dan Kabupaten Bogor. Tinggi gunung ini sekitar 1.802 meter di atas permukaan laut dengan medan yang cukup terjal dan ekstrem. Salah satu spot paling menantang adalah Tanjakan Sambalado yang memiliki tingkat kemiringan sekitar 45 derajat.

Meskipun begitu, pemandangan di sekitar gunung sangat indah. Ketika mendaki, mata kita akan dimanjakan dengan hijaunya hamparan kebun teh dan segarnya udara khas pegunungan. Di tempat ini juga terdapat beberapa situs bersejarah seperti, Batu Lingga dan Makam Nyai Surya Kencana.

Lokasi : Desa Gunung Kencana, Kabupaten Lebak, Banten
Tiket Masuk : Rp15.000, Tarif Simaksi (Rp20.000)

5. Gunung Aseupan


Meskipun tinggi Aseupan hanya 1.174 meter di atas permukaan laut, tapi jalur pendakian menuju puncaknya cukup terjal dan ekstrem. Aseupan memang tidak sepopuler gunung di Banten lainnya. Inilah mengapa untuk mencapai puncak butuh waktu sekitar 6 jam melewati jalan setapak penuh dengan rimbun tanaman liar.

Di sepanjang jalan kita juga tidak akan melihat pos-pos penjagaan sebagaimana jalur pendakian lain, tapi di kaki Aseupan banyak sekali rumah penduduk bertebaran. Hal tersebut karena, letak Gunung Aseupan tidak jauh dari pusat kota. Soal pemandangan, jangan khawatir. Dari puncak, kita bisa melihat lanskap Pandeglang yang semakin indah saat malam tiba.

Lokasi : Desa Sikulan, Jiput, Kabupaten Pandeglang, Banten
Tiket Masuk : Gratis

6. Gunung Honje


Gunung Honje lebih tepat disebut bukit karena tingginya hanya sekitar 620 meter di atas permukaan laut. Untuk mendaki Honje pun kita tidak membutuhkan tenaga ekstra. Tempat ini adalah pintu masuk Taman Nasional Ujung Kulon sekaligus rumah bagi berbagai flora dan fauna langka seperti Owa Jawa serta Badak Cula Satu.

Selain mendaki dan tracking di kawasan seluas 19.500 hektar ini, kita juga bisa mengunjungi beberapa spot menarik seperti, Goa Lalai dan Curug Lauk. Karena berada di dekat kawasan Konservasi, alam di Gunung Honje begitu terjaga keindahannya. Tidak heran jika udara di sini begitu segar.

Lokasi : Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Banten
Tiket Masuk : WNI Weekday/Weekend: Rp5.000/Rp7.500
  WNA Weekday/Weekend: Rp150.000/Rp225.000

7. Gunung Karang


Salah satu gunung aktif di Banten ini berada di tengah kota Pandeglang dan memiliki ketinggian sekitar 1.778 meter di atas permukaan laut. Puncaknya bernama Sumur Tujuh dengan dua jalur pendakian, yaitu melewati Desa Kaduengang atau Pagerwatu (Ciekek). Jalur Kaduengang sendiri termasuk yang sering dilewati. 

Untuk mencapai puncak, hanya dibutuhkan waktu sekitar 4-6 melalui jalur tersebut. Sedangkan ketika melewati Pagerwatu, pendaki butuh waktu sekitar 7-8 jam. Apabila lewat Kaduengang, sangat disarankan untuk berziarah dulu ke makam Pangeran TB. Jaya Raksa sebagai syarat spiritual agar pendakian dipermudah.

Lokasi : Kabupaten Pandeglang, Banten
Tiket Masuk : Gratis

8. Gunung Pulosari


Gunung setinggi 1.364 meter dari permukaan laut ini berlokasi di Kabupaten Pandeglang Banten. Gunung Pulosari termasuk salah satu spot pendakian favorit. Tidak heran jika untuk menuju ke puncaknya, tersedia dua jalur untuk dilewati yang masing-masing tergolong landai dan menantang.

Sama seperti Gunung Karang, Pulosari tercatat masih aktif walaupun selama ini tidak ada letusan yang pernah terjadi. Daya tarik Pulosari adalah hamparan kawah yang dikelilingi tanah datar dan lapang. Biasanya para pendaki mendirikan tenda mereka di tanah tersebut sambil menikmati panorama Pulosari yang mengagumkan.

Lokasi : Kabupaten Pandeglang, Banten
Tiket Masuk : Rp10.000

9. Gunung Batu Lawang


Nama gunung ini diambil dari dua buah batu di puncak gunung yang memiliki celah di tengah seperti sebuah pintu raksasa. Untuk mencapai puncak, dari kampung terdekat kita akan menempuh jarak sejauh 6 km dan waktu sekitar 2 sampai 3 jam. Daya tarik utama Batu Lawang adalah pemandangan dari puncaknya.

Dari tempat tersebut Anda bisa melihat hamparan hijau rimbun pohon, keindahan Kota Cilegon dan kawasan industri di sepanjang bibir pantai. Selain itu pendaki juga bisa melihat siluet Gunung Pinang di Kramatwatu, Gunung Karang di Pandeglang, Waduk Krenceng, dan Masjid Agung Cilegon yang kokoh.

Lokasi : Kabupaten Pandeglang, Banten
Tiket Masuk : –  (biaya parkir Rp5.000)

Baca juga: Mengintip Keindahan Wisata Batu Lawang di Cilegon Banten

10. Gunung Endut

Seperti dataran tinggi Dieng di Jawa Tengah, Gunung Endut juga dijuluki “Negeri di Atas Awan”. Dari puncaknya pengunjung bisa melihat hamparan putih awan sambil menghirup udara segar khas pegunungan. Menjelang siang. Puncak Endut menawarkan pemandangan persawahan yang menyegarkan mata.

Tinggi Gunung Endut sendiri sekitar 1.207 meter dari permukaan laut. Gunung ini dikelilingi beberapa gunung lainnya seperti Gunung Luhur dan Halimun. Selain pemandangan, Endut juga menawarkan beberapa spot pemandian air panas alami, yaitu Cikawah dan Handeuleum.

Lokasi : Desa Citorek Kidul, Cibeber, Banten
Tiket Masuk : Rp5.000

Jadi, sudah siap mendaki dan menjelajahi keindahan 10 gunung di Banten? Selamat berpetualang!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *